Menu

Go Android One | All About Android...!

Wednesday 18 March 2015

Solusi Untuk Android Yang Tiba-Tiba Mati

Solusi Untuk Android Yang Tiba-tiba Mati - Di balik kecanggihan yang dimiliki handphone android mulai dari segi fitur dan sistem operasi smartphone android, namun tidak hal ini tidak menjamin bahwa android tidak mengalami bug atau masalah tanpa terkecuali masalah-masalah umum dan klasik yang dialami handphone dengan sistem operasi yang lainnya. Adapun masalah yang sering terjadi yaitu hp android tiba tiba mati atau bahkan android tiba tiba mati total

Solusi Untuk Android Yang Tiba-Tiba Mati

Masalah smarphone yang tiba-tiba mati sering dialami oleh beberapa merk dan tipe yang tergolong terkenal dan canggih seperti Samsung Galaxi Tab 3 tipe dan merk lainnya. Sebelum kita mengatasi android yang tiba-tiba mati sebaiknya kenali dulu masalahnya karena penyebabnya pun berbeda-beda contohnya Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start, adapun macam-macam bootloop sebagai berikut :

1. Android Light Bootloop
Masalah ini biasanya terjadi karena pengguna ponsel android smartphone atau tablet pada saat pemakain normal, anstall aplikasi, main game, browsing dan lain-lain, dan tiba-tiba android atau tablet mengalami reboot atau restart secara otomatis, namun ketika dihidupkan kembali android atau tablet hanya menampilkan logo saja dan berhenti.

2. Android Medium Bootloop
Masalah ini tejadi akibat pengguna mengutak-atik android dan sampai masuk ke System Recovery, yang biasa digunakan untuk membuka system (rooting). Ini termasuk kategori kerusakan menengah.

3. Android Hard Bootloop
Android yang mengalami hard bootloop karena kita mengedit dan memodifikasi script dalam sistem android . Misalkan, Meng-upgrade OS, biasanya jika kita bermaksud mengedit sricptnya kita harus rooting kedalam sistem android kita agar bisa masuk ke system admin android. Bootloop Android jenis ini biasanya memiliki ciri saat dinyalakan hanya sampai logo saja, tak bergerak lagi.

Lantas bagaimana cara mengatasi android yang sering hang atau mengatasi android yang tiba-tiba mati ....??? Cara yang paling sederhana yaitu dengan mengikuti langkah berikut :

1.  Cabut Charger. ( Bila memang dalam keadaan sedang di cas )
2.  Cabut Kartu SIM dan MicroSD
3.  Tekan tombol power dan volume secara bersamaan, kemudian colokan charger.
4.  Cabut lagi charger
5.  Masukan kembali Kartu SIM dan MicroSD
6.  Charge kembali
 Bagaimana android kesayangan anda sudah hidup kembali..??? Android yang sudah mengalami hal seperti diatas biasanya akan sering di susul dengan masalah-masalah lainnya seperti android sering restart sendiri. Jika sudah menagalami hal demikian sebaiknya anda segera melakukan langkah-langkah di bawah ini :
1. Bersihkan cache atau data yang tersimpan. Pada saat membuka aplikasi atau game apa hp Android sering restart ? Buka Setting -> Application  -> All kemudian cari aplikasi tersebut. Tap tombol “Clear cache” dan “Clear data”. Sebagai alternatif Andapun bisa memasang aplikasi clean master untuk membersihkan cache yang ada di Android secara keseluruhan.
2. Update aplikasi yang terpasang. Hal ini disebabkan oleh bugs dari aplikasi yang belum pernah diperbaharui. Buka aplikasi Google play store -> My Apps -> Installed kemudian tap Update.Tetapi jika ternyata Android sering mati setelah aplikasi yang telah diperbaharui secara otomatis, maka hapus update dari aplikasi tersebut. Buka Setting -> Application -> All kemudian cari aplikasi yang telah diperbaharui terakhir tap “Remove update”.
3. Hapus aplikasi tertentu. Sebagai contoh, aplikasi penghemat baterai mereka akan bekerja pada background dan mengambil beban RAM yang cukup kuat karena jenis aplikasi ini terus akan terus memonitor OS.
4. Ganti memori eksternal. Sebagai alternatif Anda bisa melakukan format terhadap MicroSD yang biasa dipakai pada Tablet dan Smartphone tersebut atau bahkan menggantinya. Karena kartu memori eksternal yang telah rusak atau error bisa menyebabkan berbagai masalah terhadap Android.
5. Lakukan Wipe Cache Partition. Kita selalu menginstal dan uninstall berbagai jenis aplikasi atau game. Hal tersebut akan meninggalkan banyak cache atau file sementara yang telah rusak sehingga menyebabkan Android kita bertingkah aneh yakni sering restart sendiri. Untuk melakukan cara ini Anda harus masuk kedalam recovery mode. Sebagai contoh berikut ini adalah cara masuk kedalam recovery mode Android dari Samsung. Namun hati-hati ketika ingin melakukan cara ini, pastikan data dan file telah di backup ke awan atau memori eksternal.
  • Matikan Hp atau Tablet Android.
  • Tekan kombinasi tombol Volume Up, Home dan Power secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Setelah Android bergetar atau sudah muncul robot Android segera lepaskan tombol Power.
  • Setelah layar recovery mode muncul, lepaskan kedua tombol Volume Up dan Home.
  • Selanjutnya gunakan tombol Volume Down kemudian arahkan ke pilihan ‘Wipe cache partition.’
  • Setelah terpilih, tekan tombol Home.
  • Tablet atau Smartphone Android akan secara otomatis restart setelah berhasil melakukan wiped out.
6. Lakukan Hard Reset. Ikuti langkah pada nomor enam tetapi kita memilih ‘wipe data / factory reset.’ Kemudian setelah berhasil tap ‘Reboot system now.’

 Demikian artikel kali ini tentang cara mengatasi android yag tiba-tiba mati semoga dapat bemanfaat sekian dan terima kasih.
    bagikan

    1 comment: